Tips Mengatasi Bosan Di Rumah Aja Selama Pandemi

Updated: Dec 2, 2021

Apa kabar teman SI? Mendengar pemberitahuan PPKM kembali diperpanjang dan masih menghadapi keadaan yang tidak pasti rasanya pasti campur aduk, ya. Bumin harus belajar mengelola ekspetasi dan energi kembali. Ada tips yang dibagikan oleh Indah Novrinta yang melakukan bincang santai dengan Sadar Ibu beberapa waktu lalu. Indah seorang WNI yang saat ini bekerja di Budhapest, Hungaria, membagikan pengalamannya selama masa lockdown di sana.



Perusahaan tempat Indah bekerja memberikan fasilitas para karyawannya untuk bisa konsultasi dengan psikolog. Tentunya kesempatan konseling ini tidak disia-siakan oleh Indah yang diberi tiga kali sesi konseling gratis tersebut. Menarik, ya! Bumin berharap banyak perusahaan di Indonesia yang juga bisa memfasilitasi karyawannya untuk bisa konseling dengan tenaga ahli ya. Karena kondisi pandemi ini dapat mendatangkan tekanan yang berbeda-beda bagi setiap orang, dan bisa memengaruhi kondisi kesehatan mental, jika dirasa mengganggu namun tidak ditindak lanjuti.


Nah, berikut tips yang dibagikan oleh Indah hasil dari konselingnya dengan psikolog.


1. Membuat 10 hal yang ingin kamu lakukan

Indah membagikan pada teman SI untuk membuat daftar kegiatan yang ingin kita lakukan sebelum pandemi berlangsung tapi bisa dilakukan di rumah. Seperti memasak, membuat kue, dan olahraga. Indah menyukai kegiatan olahraga selama masa pandemi ini, sehingga dia membuat berbagai macam rutinitas olahraga yang berbeda-beda.

Nah, jika teman SI membuat daftar hal yang ingin dilakukan, lalu diterapkan, tidak bisa dilakukan seluruhnya, itu tidak masalah. Teman SI tetap bisa mensyukuri dan mengapresiasi hal-hal yang berhasil dilakukan, walaupun misalnya hanya 1-2 hal baru. Kalau Bumin, jadi makin rajin baking di rumah, padahal sebelumnya tidak pernah bermain dengan oven dan mixer, hehe.

2. Komunikasi dengan Panggilan Video

Indah yang tinggal jauh dari tanah air tanpa ada keluarga di Hungaria, menjadi lebih rutin menghubungi keluarganya, orangtua dan adiknya. Indah juga sedang menjalin LDR (Long Distance Relationship) dengan pasangannya yang tinggal di Inggris. Hal ini juga yang harus dijaga dan dipertahankan dengan kualitas komunikasi yang baik walau jarak jauh.

Tips dari Indah untuk teman SI dalam membina hubungan berbeda negara adalah membuat kesepakatan waktu bersama yang konsisten dan rutin untuk menyediakan waktu komunikasi karena perbedaan waktu yang cukup signifikan.

3. Ikuti Protokol Kesehatan

Setiap orang rasanya pasti sudah jenuh dan segera ingin kembali ke kondisi normal sebelum masa pandemi covid-19 ini. Namun kita sadari pandemi ini tidak akan cepat berakhir tanpa ada kesadaran diri untuk mengikuti protokol kesehatan dan aturan pemerintah untuk mengurangi interaksi sosial secara langsung. Semuanya demi memutus mata rantai penyebaran covid ini. Menurut Indah, hal ini pun perlu dilakukan di seluruh Negara.

4. Berempati

Masa-masa sulit saat ini rasanya berdampak ke seluruh pihak dari berbagai kalangan. Kita tidak pernah tahu apa yang sedang dialami dan dilalui oleh rekan, kerabat, teman, pasangan saudara bahkan keluarga kita sendiri. Terlebih apa yang sedang dihadapi oleh orang baru yang mungkin baru kita kenal. Indah memberikan saran agar kita bisa berempati lebih dalam masa-masa sulit ini. Melatih diri kita untuk bisa melihat dan menilai dari berbagai sudut pandang akan memudahkan kita juga untuk bisa menerima apa yang kita rasakan. Berbuat baik bisa darimana saja bahkan ketika kita sedang di rumah saja pada masa pandemi ini. Be kind to our self. Dan Bumin sepakat dengan Indah, kita perlu hati-hati dalam menyimpulkan sesuatu, latihan untuk tidak mudah menilai dengan apa yang dilakukan orang lain, upayakan untuk konfirmasi langsung jika ada yang dirasa mengganggu.

5. Beribadah


Momen dari masa pembatasan atau lockdown ini juga menjadi waktu yang tepat untuk berkontemplasi, berserah dengan melakukan ibadah sesuai keyakinan teman-teman. Indah merasa ibadah menjadi salah satu cara yang membuatnya nyaman, dengan memanjatkan doa kepada Tuhan untuk senantiasa melindungi kita dan orang-orang terdekat kita kemudian berdoa untuk seluruh dunia agar keadaan kembali pulih dan kita bisa diberikan kesempatan untuk kembali berkumpul dengan orang-orang tersayang.


Nah, lima tips dari Indah di atas bisa kita lakukan pada masa #dirumahaja ini. Semoga bisa membantu teman-teman SI mengatasi kebosanan di rumah ya. Semoga keadaan segera membaik dan teman SI selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan. Jika ada yang sudah mencoba tips di atas, mungkin teman SI bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar. Yuk, Bumin tunggu ya!

8 views0 comments

Recent Posts

See All