Pandemi di Perantauan

Pada 13 Juli 2021 lalu, Bumin mengadakan bincang santai dengan teman-teman SI yang sedang jauh dari tanah air. Perbincangan ini dilakukan dengan Sandi Yacob seorang mantan kapten atlet renang indah Indonesia yang saat ini tinggal di Mumbai, India, bersama keluarga kecilnya dan Indah Novrinta seorang akuntan yang saat ini bekerja di Budapest, Hungaria. Diceritakan oleh Sandi bahwa keadaan India memang sempat mengalami lonjakan kasus covid yang sangat signifikan. Sandi yang biasanya 3 sampai 4 bulan bisa pulang ke tanah air, harus menahan rasa rindunya pada keluarga di Indonesia.


Saat awal pandemi berlangsung, Sandi juga baru saja melahirkan. Transisi peran yang ia jalani tentunya tidak mudah. Sandi yang sebelumnya aktif sebagai atlet, kemudian menikah dan menjadi istri lalu tinggal di luar negeri mengikuti suami dan sekarang menjadi Ibu, dalam perjalanannya tidak mudah. Namun, Sandi masih mensyukuri dirinya sekeluarga masih diberikan kesehatan dan bisa menikmati perkembangan anaknya.



Cerita lain dipaparkan oleh Indah, yang menjalani LDR (Long Distance Relationship) dengan pasangannya yang tinggal di Inggris. Kondisi lockdown yang diberlakukan pemerintah Hungaria membuat keterbatasan aktivitas dan interaksi sosial. Indah yang tingal sendiri jauh dari keluarga juga harus mencari cara untuk menjalani masa lockdown dan work from home. Indah mendapat kesempatan untuk bisa konseling dengan Psikolog sebagai fasilitas dari perusahaan tempat ia bekerja. Karena kesehatan mental para karyawan juga akan memengaruhi kinerjanya.


Kesulitan ini semakin bisa kita rasakan bahwa tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai negara di seluruh dunia. Bumin berharap kita bisa melalui ini bersama, menghadapi segala ketidakpastian saat ini, melakukan adaptasi tiada henti, dan menjaga orang-orang terkasih. Jika teman SI butuh untuk menuangkan isi hati dan emosi saat ini, jangan sungkan untuk bisa berbagi cerita dan mencari pertolongan. Untuk hari-hari yang akan kita jalani agar tetap bisa optimal dengan berbagai peran.


Selengkapnya, teman SI bisa langsung ke IGTV Sadar Ibu ya di @sadaribu_id ya untuk Series Tentang Pandemi dan simak pengalaman dari para perantau yang berbagi cerita ini.


19 views0 comments