Apakah aku sudah mengenal diriku?

Updated: Sep 3, 2021

Merasa bias dalam pengenalan diri sendiri itu seringkali kita rasakan, tapi dampaknya bisa berjangka panjang, loh! Karena orang-orang yang tidak mengenal dirinya sendiri dengan baik, sangat sulit mengenali kekurangan dan kekuatannya. Orang-orang yang seperti ini, jika menghadapi kesulitan, cenderung menyalahkan kondisi ataupun orang lain, daripada dirinya sendiri.


Nah coba deh tanyakan ke diri sendiri, apakah kamu sudah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut?


1. Apakah kamu tahu apa sih yang kamu inginkan?

Kalau kamu masih kesulitan menjawab pertanyaan ini, kemungkinan besar kamu belum kenal dengan diri kamu dengan baik Misalnya apa yang ingin kamu capai dalam hidup.


2. Apakah kamu sering menyesal atas perbuatanmu?

Kalau kamu mengenali dirimu sendiri, kamu akan membuat keputusan yang sesuai dengan apa yang ingin kamu perjuangkan. Tapi kalau kamu punya banyak penyesalan terhadap berbagai keputusan yang telah kamu buat, ada kecenderungan kamu tidak mengenali dirimu sendiri.


3. Apakah kamu merasa kurang percaya diri?

Kalau kamu sudah kenal dirimu, tahu apa tujuan hidupmu, tahu apa yang kamu inginkan, kamu akan percaya pada dirimu sendiri. Kamu dapat melihat kekuranganmu kemudian menerimanya dan dapat melihat kelebihan diri yang dapat menjadi potensi kamu.


4. Apakah yang kamu perlihatkan berbeda dengan apa yang kamu rasakan tentang kamu?

Pernah nggak kamu merasa orang lain menganggap kamu itu bukan kamu yang sebenarnya? Ini bisa jadi karena ada ketidak sesuaian antara bagaimana kamu menampilkan diri di depan orang lain dengan apa yang kamu percaya tentang siapa kamu sebenarnya. Ketidak sesuaian ini menandakan kamu belum mengenali diri kamu sepenuhnya.


Jadi gimana teman SI? Apakah kamu termasuk orang yang sudah mengenali dirimu sendiri atau justru malah belum? Teman SI bisa mengikuti program SEC (Self Enrichment Class) tentang Mengenal Diri. Nantikan programnya ya!


6 views0 comments